Syarat dan Ketentuan

PENDAHULUAN

Satriya, perusahaan penyedia jasa pemasaran internet yang berkedudukan di Semarang, untuk selanjutnya disebut Perusahaan. Pengguna jasa layanan Satriya, untuk selanjutnya disebut Klien.

BAB I. DEFINISI DAN RUANG LINGKUP PAKET

PASAL 1. FITUR DAN HALAMAN

  1. Konten standar website terdiri dari maksimal 9 halaman yang disesuaikan dengan kondisi klien
  2. Konten custom yang diminta klien akan dinilai oleh tim apakah masuk kategori sederhana atau kompleks
  3. Konten disediakan oleh klien dalam bentuk file
  4. Dalam kasus tertentu, perusahaan akan membantu pembuatan konten minor. Dan jika perusahaan tidak menerima keberatan dalam 2x24 jam setelah ditayangkan, klien dianggap setuju dengan isi konten tersebut
  5. Pembuatan konten minor akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan kuantitas dan kualitas konten.
  6. Klien bertanggungjawab penuh atas isi konten
  7. Perusahaan berhak menolak atau menghapus konten yang dianggap bertentangan dengan hukum dan norma yang berlaku di Indonesia

PASAL 2. NAMA DOMAIN

  1. Perusahaan akan mendaftarkan nama domain untuk klien dengan ekstensi Top Level Domain “.com .net .org .info .biz” atau ID Domain “.co.id .or.id .web.id net.id .biz.id .ac.id .sch.id”
  2. Permohonan pendaftaran diluar nama domain pada point 1 akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan harga yang berlaku
  3. Perusahaan akan meminta data klien dan foto dokumen pendukung untuk kepentingan pendaftaran nama domain atas nama klien. Perusahaan akan menjaga kerahasiaan data klien diluar kepentingan yang semestinya
  4. Perusahaan akan menyimpan login detail domain milik klien untuk alasan keamanan, namun demikian klien berhak meminta login domain tersebut untuk disimpan sendiri
  5. Untuk login domain yang telah diminta oleh klien, perusahaan tidak lagi bertanggungjawab atas keamanan domain. Karenanya klien diminta mengganti password setelah serah terima dan menjaganya dari pihak yang tidak berkepentingan

PASAL 3. SSL

  1. SSL merupakan akronim dari Socket Secure Layer yang merupakan enkripsi untuk keamanan lalu lintas data dari upaya pencurian
  2. Perusahaan akan mendaftarkan SSL melalui provider yang terpercaya. Klien dapat melihat SSL dengan label “Secure” atau logo gembok berwarna hijau pada browser
  3. Perusahaan hanya mendaftarkan SSL untuk paket Bisnis dan Professional, namun demikian pada paket Standart dapat juga didaftarkan SSL dengan membayar biaya tambahan sesuai dengan harga yang berlaku

PASAL 4. STATISTIK

  1. Perusahaan menggunakan layanan Google Analytic dari Google
  2. Klien dapat melihat statistik pengunjung secara lengkap dan detil melalui website atau aplikasi mobile di Android
  3. Fitur dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan dari Google

PASAL 5. STANDART TRAINING

  1. Perusahaan akan memberikan pelatihan dasar pengoperasian website yang diperuntukkan bagi administrator dan owner selama ± 1 jam.
  2. Materi pelatihan meliputi :
  3. Manajemen website
  4. Manajemen email bisnis
  5. Google Analytic
  6. Google Adwords
  7. Pelatihan bersifat optional

PASAL 6. LIFETIME SUPPORT

  1. Perusahaan akan memberikan dukungan teknis pasca pemesanan dalam bentuk konsultasi terhadap permasalahan yang mungkin muncul dikemudian hari
  2. Definisi lifetime dalam lingkup ini adalah selama klien berada dalam masa layanan dan masih memperpanjang masa layanan
  3. Dukungan tidak berlaku untuk klien yang menggunakan hosting sendiri ataupun domain sendiri, karena perusahaan tidak memiliki akses untuk memberikan dukungan ke sistem klien
  4. Dukungan diberikan dalam bentuk konsultasi melalui Email, WA dan Telepon.
  5. Dukungan diberikan dalam waktu 24 jam sepanjang hari kerja (Senin-Jumat)
  6. Permohonan dukungan pada saat weekend (Sabtu-Minggu) atau hari libur nasional akan diproses pada hari kerja berikutnya
  7. Proses penyelesaian permasalahan akan dilakukan sesuai dengan nomor antrian, maksimal 72 jam
  8. Tidak semua permasalahan yang diajukan klien dapat diselesaikan oleh perusahaan, namun demikian perusahaan akan berusaha memberikan alternatif solusi terbaik bagi klien
  9. Perusahaan hanya memberikan dukungan untuk permasalahan yang terbatas pada ruang lingkup website yang telah dikerjakan, sedangkan dukungan untuk perombakan sebagian besar website dan penambahan fitur serta tugas keseharian admin akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan kualitas dan kuantitas dukungan yang diminta

PASAL 7. INTERNATIONAL CLASS DESIGN

  1. Perusahaan akan membuat website dengan desain template yang telah disetujui klien sebelumnya
  2. Klien dapat mengusulkan layout dan fitur kedalam desain
  3. Klien tidak melakukan perubahan desain setelah desain template dan layout ditetapkan dan sedang dalam proses pengerjaan. Jika terpaksa harus melakukan perubahan desain template dan layout maka akan dikenakan biaya tambahan

PASAL 8. HOSTING DAN BANDWIDTH

  1. Perusahaan menggunakan server hosting yang berada diluar negeri ( US dan Singapore ).
  2. Perusahaan akan menyimpan login hosting milik klien untuk alasan keamanan, namun demikian klien berhak meminta login domain tersebut untuk disimpan sendiri
  3. Untuk login hosting yang telah diminta klien, perusahaan tidak lagi “sepenuhnya” bertanggungjawab atas keamanan website. Karenanya klien diminta mengganti password setelah serah terima dan menjaganya dari pihak yang tidak berkepentingan
  4. Untuk login hosting yang telah diminta klien, klien hendaknya tidak melakukan perubahan konfigurasi untuk sesuatu yang belum sepenuhnya dimengerti, karena dapat mengurangi atau bahkan mengganggu performa website
  5. Klien hendaknya tidak menggunakan hosting untuk kepentingan diluar manajemen website yang bersangkutan karena dapat mempengaruhi performa website
  6. Terkait dengan lalu lintas kunjungan website yang terlampau tinggi sehingga “melebihi” limit bandwidth yang telah ditentukan, website untuk sementara akan berhenti tayang sampai akhir bulan berjalan. Limit bandwidth akan direset kembali pada awal bulan depan, sehingga diawal bulan website dapat kembali diakses.
  7. Terkait dengan penggunaan kapasitas hosting dan lalu lintas bandwidth yang melebihi ambang batas, klien dapat mengajukan upgrade paket, sehingga kenyamanan pengunjung tidak terganggu.

PASAL 9. UNLIMITED ARTICLE POST

  1. Website yang dibangun perusahaan memiliki halaman “artikel” untuk fungsi blogging guna mempublikasikan beragam artikel ataupun berita dengan berbagai kategori
  2. Klien bebas menulis dalam jumlah tanpa batas (unlimited), selama kapasitas hosting masih bisa menampung
  3. Terkait dengan kondisi klien yang sangat sibuk, klien dapat meminta bantuan perusahaan untuk melakukan penambahan, pembaruan dan publikasi artikel dengan biaya tambahan

PASAL 10. ORGANIK SEO ( Search Engine optimization )

  1. Organik SEO adalah kemunculan website pada halaman awal (1, 2, 3) hasil pencarian Google ketika dipanggil dengan kata kunci tertentu secara natural diluar paket iklan.
  2. Perusahaan akan melakukan submit ke mesin pencari Google setelah website resmi diluncurkan
  3. Perusahaan akan melakukan optimasi untuk beberapa kata kunci sesuai dengan paket layanan
  4. Setiap kata kunci terdiri dari minimal 3 suku kata
  5. Waktu untuk mencapai halaman pertama pada hasil pencarian Google untuk tiap kata kunci dapat berbeda satu sama lain sesuai dengan tinggi rendahnya tingkat persaingan kata kunci
  6. Perusahaan akan berusaha seoptimal mungkin melakukan optimasi kata kunci sesuai dengan prosedur kerja yang dimiliki perusahaan, namun demikian perusahaan tidak menggaransi kata kunci yang dioptimasi dapat muncul dihalaman pertama dalam waktu tertentu.
  7. Klien dapat mengajukan tambahan beberapa kata kunci diluar paket dengan biaya tambahan

BAB 2. WAKTU PENGERJAAN

  1. Proses pengerjaan website adalah 10 hari kerja, tidak termasuk Sabtu dan Minggu
  2. 10 hari kerja dihitung setelah seluruh konten terkumpul
  3. Perusahaan akan mengirim pemberitahuan kepada klien jika website selesai lebih awal
  4. Pengerjaan website mengacu pada konten awal yang telah disepakati antara klien dan perusahaan. Artinya jika konten awal telah selesai dikerjakan seluruhnya, maka proyek dianggap selesai
  5. Klien dapat mengajukan revisi sebanyak satu kali sebelum proyek dinyatakan selesai dan website diluncurkan

BAB 3. SISTEM PEMBAYARAN

  1. Klien membayar uang muka sebesar 20% dari nilai proyek pada saat penandatanganan kontrak
  2. Pelunasan sebesar 80% dilakukan setelah proyek selesai dikerjakan, mengacu pada konten awal yang telah disepakati antara klien dan perusahaan
  3. Jika dalam proses pengerjaan klien melakukan pembatalan layanan, maka uang muka akan dianggap sebagai biaya administrasi pembatalan dan tidak dapat diminta kembali
  4. Klien wajib melakukan perpanjangan layanan selambat-lambatnya 30 hari sebelum masa berlakunya berakhir

BAB 4. KONDISI DARURAT

Perusahaan akan berusaha untuk memberikan layanan yang maksimal kepada klien. Namun demikian jika terjadi hal-hal tidak diinginkan diluar kemampuan perusahaan, maka klien memahami itu sebagai hal darurat yang tidak terduga dan membebaskan perusahaan dari segala tuntutan dalam bentuk apapun. Perusahaan akan berusaha untuk memberikan layanan yang maksimal kepada klien. Namun demikian jika terjadi hal-hal tidak diinginkan diluar kemampuan perusahaan, maka klien memahami itu sebagai hal darurat yang tidak terduga dan membebaskan perusahaan dari segala tuntutan dalam bentuk apapun